September 22, 2017

MENAMBAHKAN HALAMAN BARU DI SKETCHWARE

Cara menambahkan halaman baru di sketchware

Tutorial kali ini bang caridi mau berbagi cara untuk menambahkan sebuah halaman kerja baru di sketchware . jika halaman main.xml kamu sudah terisi dengan menu-menu yang kamu rasa sudah cukup untuk tampilan utama aplikasi kamu , maka sekarang kita harus membuat halaman untuk menjadi tempat persinggahan dari halaman main.xml / halaman utama .

nah bang caridi sekarang mencoba membuat sebuah halaman baru untuk aplikasi yang saat ini bang caridi buat ,, yaitu oprex mini , nah jika kamu mau membuat sebuah aplikasi browser mini juga boleh di coba baca tutorialnya MEMBUAT MINI BROWSER DI SKETCHWARE .

sekarang kita mulai membuat halaman baru nya :

pertama silahkan buka project kalian masing-masing , kemudian klik main.xml yang ada dibagian pojok kiri bawah layar nanti akan terbuka halaman seperti gambar di bawah ini :

membuat halaman kerja baru di sketchware
jika sudah muncul halaman seperti gambar di atas silahkan klik icon + . nah silahkan setting sesuai gambar di bawah ini .

lembar settingan halaman sketchware

jika sudah seperti itu tinggal tinggal klik add . nah sampai situ kamu sudah berhasil membuat halaman kerja baru di sketchware .

jika sudah berhasil berarti kamu tinggal membuat logika untuk mengarahkan dari halaman main.xml ke halaman oprexmini2 . silahkan ikuti tutorialnya di bawah ini

CARA SETTING LOGIC UNTUK MEMBUKA HALAMAN LAIN DI SKETCHWARE

Masuk ke menu logic nanti akan terbuka 2 menu di halaman tersebut . Menu Events dan menu Components ,sekarang kita buat komponen baru dengan cara klik icon + di samping menu components.  nanti akan muncul halaman komponen dan setting pengaturannya seperti gambar di bawah ini .

menu components intent di sketchware


jika sudah di atur seperti tampilan gambar di atas sekarang kamu tinggal klik Add .
nah jika sudah di buat intent , sekarang kita tinggal mengatur logika nya .

saat ini saya memberi contoh didalam lembar kerja membuat oprekmini ,, untuk logika nya kamu bisa sesuaikan dengan project yang sedang kamu buat. Contohnya jika kamu ingin mengarahkan ke halaman dua dengan klik sebuah button maka kamu pasang logika ini di button OnClick .

yuk di lanjut ,, untuk di halaman lembar kerja oprekmini saya buat logika mengarahkan ke halaman oprekmini2 setelah loading selesai .

Klik OnCreate di bawah menu event , setelah terbuka halaman OnCreate Selanjutnya kamu masukan Component Timer ... after ... ms ( lewati langkah ini jika kamu bukan membuat aplikasi oprekmini . ikuti langkah di bawahnya) .

masukan ketiga component inten di bawah ini kedalam  Component timer , jika bukan membuat oprekmini tinggal masukan component inten nya saja ke logicnya .
masukan component intent ... setAction ...
masukan component intent ... setScreen ... 
masukan component StartActivity intent ... 

jika sudah selesai maka setting sesuai gambar di bawah ini 

settingan untuk mengarahkan lembar 1 ke lembar 2 sketchware

untuk settingan bukan membuat oprekmini seperti gambar di bawah ini .

settingan untuk mengarahkan lembar 1 ke lembar 2 sketchware

sampai disini kamu sudah berhasil membuat logika untuk mengarahkan halaman 1 ke halaman 2 .


silahkan save alamat blog saya ,, untuk mengikuti tutorial selanjutnya . jika kamu tidak ingin ketinggalan tutorial selanjutnya silahkan masukan email kamu di kolom yang saya sediakan di bawah lalu klik subscribe ,, nanti saya akan kirim updatean tutorial ini langsung ke email kamu .

jika di tutorial kali ini ada kesulitan silahkan bertanya di kolom komentar tentang kesulitan kamu ,, jangan lupa di share yah , kita berbagi ilmu bersama-sama .


Tidak ada komentar:

Populer Nih Gan Minggu Ini